Cara Setting Domain Intuit.com Ke Blogger Dengan Gambar

Melanjutkan artikel sebelumnya Setelah kita berhasil mendapatkan domain maka langka selanjutnya adalah mencari hosting atau menggunakan blogspot atau wordpress untuk domain tersebut. Disini saya akan menerangkan cara menyetingnya untuk blogspot. Sebagai contoh disini saya menggunakan jasa hostingan gratis yaitu idhostinger.com, dimana nanti kita akan mengkofigurasi dnsnya di hostingan tersebut. 
Berikut langkah-langkahnya (klik gambar untuk memperbesar) :
1. Pertama-tama editlah domain name server domain anda. Sign in ke Intiut.com, pilih menu domain dan  pilih Edit your nameservers sebagai contoh disini kita saya menggunakan jasa hosting idhostinger.com sehingga record yang dimasukan seperti yang tampak dibawah ini.
ns1.idhostinger.com
ns3.idhostinger.com
ns4.idhostinger.com
ns2.idhostinger.com


2. Daftar dulu disini, isi formulir dan setelah selesai mendaftar dan jangan lupa untuk mengaktivasi akun dengan mengklik link yang diberikan oleh idhostinger ke email yang dibuat pada saat mendaftar.

3.Jika anda telah mengaktivasi akun anda seperti gambar di atas langkah selanjutnya adalah membuat nama domain yang telah anda daftarkan sebelumnya. klik tombol order pilih yang Gratis. Isilah formulir dengan nama domain yang telah anda daftarkan.

4. Setelah berhasil,  klik tombol beralih dan anda akan masuk kehalaman cpanel hosting anda.

5. Sekarang login ke akun blogger anda pilih menu setting dan di penerbitan terdapat link + Tambahkan domain khusus, klik link tersebut dan pilih alihkan ke setelan lanjutan. Masukan nama domain yang telah anda daftarkan contoh www.agung-photography.com (harus menggunakan 'www'), Anda akan melihat error seperti gambar dibawah ini, yang artinya kita harus memverifikasi dahulu pemilik domain tersebut. Ada 2 metode yang ditawarkan google yaitu dengan menambahkan kode unik CNAME yang di berikan oleh google atau memverifikasi dengan menambahkan record TXT kedalam konfigurasi DNS Zone Editor.


6. Kita kembali lagi ke idhostinger.com. Cari dan pilih menu DNS Zone Editor, Tambah atau edit data yang sudah ada . Jangan lupa untuk menambahkan empat A record. Form  sumber masukan nama domain anda  dan form target  dengan masing-masing IP
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Tambahkan kode unik yang diberikan google tadi dan perhatikan untuk pemberian CNAME  untuk menambahkan titik (dot) diujung tulisan kode unik CNAME serta diujung tulisan 'ghs.google.com'  dan juga nama domain pada form sumber. Anda juga bisa menambahkan tambahan record TXT kode unik yang diberikan google. Untuk contohnya bisa dilihat dibawah ini.



7. Kembali lagi ke blogger. Daftarkan kembali domain anda seperti langkah ke lima tadi. Jika masih terdapat error maka tunggulah beberapa jam dan lakukan kembali.  Jangan lupa untuk  mencentang kotak Alihkan namadomainanda.com ke www.namadomainanda.com.
Buat yang masih bingung, Kasih komentarnya ya dan jangan lupa supportnya jika anda terbantu dengan tutorial ini :).